LAGI, BPJN MALUT BANGUN JALAN DUKUNG AKSES DESTINASI WISATA

 

Masyarakat Apresiasi Kreatifitas PPK Pulau Sanana Pulau Bacan

 

SANANA – Pekerjaan Proyek Jalan dan Jembatan tahun 2017, yang dibangun oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Maluku Utara di Pulau Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, mendapat Apresiasi dan sambutan hangat masyarakat setempat.

Sambutan Masyarakat Pulau Sanana terhadap pekerjaan Jalan Nasional di pulau itu menyusul rasa kagum mereka karena penanggungjawab proyek tersebut yakni Pejabat Pembuat Komitmen(PPK) Pulau Sanana Pulau Bacan, Abdul Hamid Poyapo mengajak warga melihat secara langsung dari dekat proses pekerjaan jalan sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang sebenarnya.

Kini penyelesaian Pekerjaan Jalan Nasional di Pulau Sanana tahun 2017 sepanjang 5 Kilometer itu tinggal menghitung hari. Komitmen dan tanggungjawab PPK proyek tersebut mengatakan sebelum berakhir masa kontrak, pekerjaan yang dia tangani itu sudah selesai yakni pada akhir November 2017 tahun ini. Menurut Abdul Hamid, sang PPK, dirinya merasa tertantang dengan Instruksi Menteri PUPR agar penyelesaian pekerjaan tepat waktu sesuai dengan mutu administrasi dan mutu fisik pekerjaan. Karena itu pekerjaan tersebut bakal tuntas sesuai dengan Instruksi Menteri PUPR, yakni pada akhir November 2017 kata PPK Abdul Hamid.

“Memang tujuan kami sesuai dengan Instruksi Bapak Menteri yang merupakan tanggungjawab saya sebagai PPK pada pekerjaan jalan dan jembatan di pulau Sanana ini adalah bagaimana agar diselesaikan sesuai dengan ketentuan kontrak, sesuai dengan mutu administrasi, mutu fisik pekerjaan dan yang paling penting adalah masyarakat setempat bisa menikmati dan merasakan manfaat dari keberadaan pekerjaan ini”, Ujar PPK Pulau Sanana Abdul Hamid Poyapo.

Menurut Mito sapaan akrab PPK Pulau Sanana ini, Pekerjaan jalan yang menjadi tanggungjawabnya itu juga untuk mendukung akses ke destinasi wisata ke pantai tanjung waka.

Dari amatan malutnews, memang selama ini objek wisata pantai tanjung waka di Sanana merupakan destinasi rutin wisatawan lokal walaupun akses jalan menuju ke lokasi tersebut selama ini belum begitu lancar. Namun dengan dibangunnya jalan oleh BPJN Maluku Utara, akses jalan ke objek wisata pantai tanjung waka akan menjadi semakin nyaman dan lancar.

Konteks pekerjaan lain yang dibangun BPJN Maluku Utara di Pulau Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula di tahun 2017 ini adalah Pembangunan jembatan rangka baja di desa Malbufa. Nomennklatur jembatan bernama Jembatan Malbufa III ini, dibangun sepanjang 40 meter.

 

PPK Pulau Sanana Pulau Bacan, Abdul Hamid Poyapo mengatakan bahwa dibangunnya jembatan pengubung tranportasi Masyarakat ini juga untuk mendukung kemudahan akses menuju ke pelabuhan Malbufa.
Selama ini menurut Abdullah salah satu warga Malbufa, jarak tempuh mereka ke Pelabuhan memakan waktub2bjam perjalanan akibat buruknya akses jalan ke Lokasi.

Namun Kata Abdullah dirinya meresa lega karena sebagai pekerja kuli bangunan hanya akan menempuh jarak kurang lebih 30 menit dari Sanana ke Pelabuhan Malbufa.
“Beta ini merasa senang dengan bapa bapa ini bangun jembatan, Karena beta pergi kerja sudah seng sama dolo lae, sekarang paling hanya setengah jam katong su sampe” Ujar Abdulah dwngan nada semangat.(efa)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button