Bina Marga PUPR Malut Siap Laksanakan DAK Jalan 2019

Ir.Faris Hi. Abdulbar- PPK III Bina Marga  PUPR Malut

Peningkatan Jalan Ruas Goal – Ibu Halbar

 

SOFIFINEWS – Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara melalui Bidang Bina Marga terus berupaya meningkatan kemantapan jalan dengan status jalan Provinsi, walaupun dengan dana yang terbatas. Dari data yang diterima Malutnews.com Kondisi kemantapan Jalan Provinsi Sampai saat ini mencapai 41,52 % dari panjang Jalan 1,276,8 Km, presentase kemantapan naik 25,02 % dari 16,50 % di Tahun 2014.

Untuk terus meningkatan kondisi tersebut maka Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara akan terus mendorong peningkatan kondisi jalan baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

Menurut Kepala Seksi Pembangunan  Bidang Bina Marga Dinas PUPR Maluku Utara,  Ir. Faris Hi. Abdulbar,  Untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Jalan Tahun Anggaran 2019, pihaknya  fokus mendanai 5 (lima) Paket Kegiatan yaitu masing – masing DAK Penugasan 3 Paket yakni Peningkatan Jalan Ruas Goal – Ibu dengan Pagu Rp. 19,950 Milyar, Peningkatan Jalan Ruas Payahe – Dehepodo dengan pagu 12,950 Milyar, dan Pembangunan Jembatan Tokaka VI Ruas Jalan Saketa – Dehepodo dengan pagu 6,50 Milyar.

Sementara itu lanjut Faris yang juga PPK III Bina Marga PUPR Malut ini,  untuk DAK Reguler yakni Pembangunan Jalan Baru Ruas Togorebatua – Tolabit Segmen I memiliki Pagu 13,440 Milyar dan Pembangunan Jalan Baru Ruas Togorebatua – Tolabit Segmen II dengan Pagu 20,00 Milyar.

Peningkatan Jalan Ruas Payahe – Dehepodo

Ruas jalan Togorebatua-Tolabit Segmen II lokasi Halut

 

“Setelah kami lakukan kegiatan perencanaan teknik, penyiapan dokumen pra lelang, dan saat ini tahapan lelang mencapai tahap Pembuktian Kualifikasi selanjutnya direncanakan penandatanganan kontrak pada tanggal 10 Juni Tahun 2019, dan konstruksi akan kita laksanakan dalam 180 hari Kalender ke depan, sehingga ditargetkan selesai sebelum Akhir Tahun 2019” Ungkap Ir. Faris Hi. Abdulbar selaku Kasie Pembangunan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara sekaligus PPK Bidang Bina Marga III yang menangani DAK Bidang Jalan.

Diakhir keterangannya,  Faris bilang  dalam pelaksanaan konstruksinya nanti, semua kegiatan-kegiatan proyek tersebut diawasi Konsultan Supervisi dan diusulkan untuk Pengawalan dan Pengamanan oleh TP4D Kejaksaan Tinggi Maluku Utara.(emn) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button