Harita Nickel Bantu Lagi Korban Gempa Halsel Rp.1,5M

HALSELNEWS  – Siaran Pers Divisi Media Harita Nickel , hari ini Kamis (29/8) merilis berita mengenai Harita Group melalui Harita Natural Disaster Relief (HNDR) kembali memberikan bantuan bagi korban gempa di Kabupaten Halmahera Selatan.

Dalam press release tersebut  menjelaskan bahwa Setelah pada pertengahan Juli lalu HNDR menyalurkan bantuan yang sama sebesar Rp300 juta.

Kali ini bantuan yang diberikan pun bertambah dengan nilai Rp1,5 miliar. Dana tersebut diserahkan oleh Pemilik Harita Group Lim Gunawan dan diterima langsung oleh Bupati Halsel H. Bahrain Kasuba, M.Pd.

Pemberian bantuan sebagai wujud kepedulian ini berlangsung di Taman Budaya Saruma, Kecamatan Labuha, Rabu (28/8). Dalam kesempatan ini, Komandan Kodiklat TNI-AD Letjen A.M. Putranto, S.Sos. beserta Pangdam Pattimura Mayjen Dr. Marga Taufiq, SH., MH. Juga hadir dan turut memberikan bantuan yang masing-masing berjumlah Rp100 juta.

Hal tersebut menunjukkan jalinan sinergi yang baik antara pemerintah daerah, TNI serta pelaku usaha industri dalam upaya meringankan beban warga Halsel yang terdampak gempa.

Sebelumnya, bencana gempa bermagnitudo 7,2 yang terjadi pada Minggu (14/7) telah menimbulkan korban jiwa dan kerusakan pada rumah warga serta fasilitas umum.

Hingga saat ini beberapa wilayah di Halsel pun belum sepenuhnya pulih. Oleh karena itulah Bupati Halsel Bahrain Kasuba mengucapkan apresiasi kepada pihak-pihak yang berkontribusi dalam proses pemulihan pascagempa. “Terima kasih juga kepada PT Harita atas bantuan yang kedua hari ini. Akan kita berikan kepada daerah yang terdampak gempa,” ujarnya.

Bantuan dari Harita Group kali ini, menurutnya, adalah yang terbesar dibandingkan perusahaan lain.
Bahrain Kasuba menerangkan, selain ikut serta menjaga Halsel tetap kondusif ketika terjadi bencana alam, kehadiran Harita Group juga memberi dampak positif bagi pembangunan ekonomi di kabupaten ini. “Kami berterima kasih karena kehadiran PT Harita sangat membantu dengan prestasi, dan tentu pembangunan semakin maju dari apa yang sudah dihadirkan oleh perusahaan,” ungkapnya.

Bupati juga menegaskan bahwa legalitas usaha Harita Group di Halsel jelas dan patuh pada peraturan perundangan yang berlaku. Selain itu, hadirnya Harita Group dinilainya telah memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah dan penyerapan tenaga kerja.

Lim Gunawan selaku Pemilik Harita Group mengaku siap mendukung program Pemerintah Daerah Halsel, salah satunya dalam bentuk bantuan bagi korban gempa ini. “Kami berkomitmen untuk tetap bersinergi dengan Pemda Halsel untuk pengembangan daerah. Apabila membutuhkan dukungan pihak swasta dalam hal ini Harita Group, kami akan mempelajari kebutuhan tersebut dan memberikan dukungan. Pemda juga selama ini luar biasa dukungannya kepada kami,” jelasnya.

Menurutnya pula, dari sinergi yang terjalin baik ini, Harita Group mampu menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Halsel.

Sementara itu, Pangdam Pattimura Mayjen Dr. Marga Taufiq menilai bantuan yang diberikan oleh Harita Group adalah hal yang baik, dan perlu juga dilakukan oleh perusahaan lainnya yang beroperasi di Halsel. “Semua harus membantu karena telah mengelola sumber daya dari Halmahera, bukan hanya Harita,” jelasnya.

Pangdam juga mengatakan bahwa sikap saling dukung ini penting demi terciptanya keterjaminan usaha dan hubungan yang harmonis antara pelaku usaha, pemerintah, pihak keamanan serta masyarakat.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button