Harita Nickel Dirikan Taman Literasi di Halsel

 

 

HALSELNEWS – Harita Nickel Division bekerja sama dengan Provisi Education terus berupaya meningkatkan kualitas literasi pelajar. Salah satunya dengan penyediaan Pojok Baca di ruang kelas.

Program Pojok Baca yang ditujukan bagi pelajar Desa Kawasi, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara ini merupakan bagian dari konsep School Development Program-Penguatan Literasi Sekolah (SDP-PLS). Adapun peresmian Pojok Baca ini dilakukan pada Sabtu (31/8) di SDN 217 dan Jumat (6/9) di SMPS Loji Permai serta SMAS Tunas Muda.

Literasi diartikan sebagai kemampuan untuk menulis dan membaca. Namun faktanya, kualitas literasi pelajar di Desa Kawasi belum sepenuhnya terbangun secara konsisten. Kondisi ini antara lain disebabkan minimnya akses terhadap buku-buku berkualitas, metode pengajaran yang belum variatif, serta kesadaran wali murid yang belum sepenuhnya terbentuk terkait pentingnya literasi dalam pengembangan kognisi.

Program Coordinator SDP Provisi Education, Melinda Hapsari, mengatakan bahwa Pojok Baca beserta buku bacaan berkualitas ini merupakan fasilitas yang diberikan Harita Nickel Division melalui Provisi Education selaku mitra dalam program pendidikan.

Fasilitas ini juga sebagai upaya peningkatan minat membaca siswa dan mempermudah akses siswa untuk membaca buku secara nyaman. “Mengingat di awal pendampingan sekolah, siswa kesulitan mendapatkan akses membaca karena di Desa Kawasi tidak tersedianya perpustakaan ataupun pusat informasi,” ujarnya.

Dalam kegiatan persemian Pojok Baca ini terdapat penyerahan buku bacaan sebanyak 160 judul buku ramah anak terbitan Provisi Education dan beberapa rekanan penerbit seperti Naura books, Kanisius, Bestari, dan Litara.

Ketika dimintai keterangan di tempat terpisah, Deputry Head Corporate Social Responsibility (CSR) and External Relation Harita Nickel Division, Alexander Lieman, mengaku antusias dalam mewujudkan program ini. “Kami dari pihak perusahaan sangat antusias dalam mempersiapkan tempat belajar bagi masa depan bangsa ini. Bersama dengan mitra kami Provisi, Harita akan terus berjuang dalam memajukan pendidikan di area lingkar tambang kami,” ungkapnya.

Ketua Komite SDN 217, Bambang Bakir, mengapresiasi adanya Pojok Baca ini dan berharap bisa meningkatkan kualitas literasi para pelajar. “Dengan adanya fasilitas ini, budaya literasi diharapkan semakin tumbuh dan dapat mewujudkan generasi Desa Kawasi yang cerdas serta bermanfaat untuk bangsa,”jelasnya.

Hal tersebut senada dengan yang diungkapkan oleh salah guru SDN 217 Fenska Wakkay. “Adanya Pojok Baca dan buku-buku ramah anak ini sangat membantu saya dalam melaksanakan kegiatan pembiasaan 15 menit membaca atau mendongeng sebelum pembelajaran dimulai. Terima kasih banyak kami sampaikan kepada PT Harita Nickel,” ujar Fenska.

Sementara itu, salah satu murid SDN 217 bernama Nofanti Krisina Daker juga merasa senang dengan adanya fasilitas Pojok Baca. “Senang karena ada Pojok Baca jadi bisa baca setiap hari. Lalu bukunya banyak dan warna-warni,” ungkap siswi kelas V tersebut. Melalui kegiatan ini,

Harita Nickel Division kembali menunjukkan komitmennya kepada dunia pendidikan khususnya di desa lingkar tambang. Komitmen yang besar ini diharapkan dapat terus terlaksana sebagai upaya mewujudkan putra-putri penerus bangsa yang berkualitas.

(Divisi Media Harita Nickel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button