Sambut Danlantamal, Gubmu Minta Amankan Pencurian Ikan di Laut Malut

 

TERNATENEWS – Ditengah agenda yang sangat padat, Gubernur Maluku Utara (Malut), KH. Abdul Gani Kasuba, Lc, masih menyempatkan diri untuk menjamu Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Brigjen TNI (Mar). Suaf Yanu Hardani, bersama rombongan dalam acara ramah tamah di kantor perwakilan Malut, Kota Ternate. Sabtu, (9/11/2019).

Hadiri dalam acara ramah tamah yang berlangsung di lantai II tadi, Gubernur Malut bersama ibu, Danlantamal XIV  bersama ibu, Kabinda Malut, Danlanal Ternate, Wakapolda Makut, serta perwakilan dari Korem dan TNI AU serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Malut.

Dalama sambutannya, Gubernur mengucapkan selamat datang kepada Danlantamal XIV beserta ibu dan rombongan di negeri para raja (kerajaan Ternate, Bacan, Tidore dan Jailolo) Moloku kie raha, dalam rangka untuk melakukan kunjungan kerja di Malut,”kata Abdul Gani Kasuba.

“Semoga dalam kunjungan ini dapat membawa dampak yang lebih baik bagi keberlangsungan keamanan di wilayah perairan di Malut,”ungkapnya.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan bahwa, Malut merupakan provinsi kepulauan. Olehnya itu, masih sering terjadi berbagai macam kejahatan seperti halnya pencurian ikan dan lain sebagainya.

Dikatakanya, di Malut terdapat kurang lebih 800 pulau, baik yang sudah berpenghuni maupun yang belum berpenghuni. Maka, dengan banyak pulau itu, daerah ini juga banyak penghasil alam seperti Ikan, Emas, Nikel, Biji Besi, Cengkeh, Pala dan Kopra,”ucapnya.

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan sering terjadi ilegal fishing, ilegal mining dan bahkan perdagangan orang sering terjadi. Sehingga diharapkan agar pengamanan ekstra ketat yang dilakukan oleh 4 (empat) mitra (TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri) dalam menjaga Malut sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam kesatuan NKRI,”pintahnya.

Sementar diwaktu yang sama, Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar). Suaf Yanu Hardani, dalam sambutan singkatnya menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba, atas terlaksananya perjamuan ramah tamah hari ini.

“Alhamdulillah, terimakasih atas segala bantuan dan kerja sama pemerintah daerah Malut. Oleh sebab itu, “Saya berharap agar kerja sama yang baik ini terus ditingkatkan melaluai satuan kami yang ada disini (Red- Danlanal Ternate) dalam menjaga perairan Malut dan keutuhan NKRI.

Pria kelahiran Sidoarjo, yang juga pernah menjabat sebagai Danyon Marinir Papua ini juga mengatakan bahwa, dirinya berharap dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf di Indonesia Maju ini, dapat lebih mengembangkan alutsista bagi TNI AL dalam menjaga perairan Indonesia.

“Semoga dengan hadirnya pak, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan di pemerintahan Indonesia Maju, dapat lebih memperhatikan perkembangan alutsista TNI, hal itu demi menjaga keutuhan NKRI, termasuk juga beberapa wilayah perairan Maluku Utara yang berbatasan langsung dengan negara luar misalnya, Pulau Morotai,”katanya.

Usai acara ramah tamah dengan Gubernur, Danlantamal XIV beserta rombongan akan melakukan kunjungan kerja ke Kota Tidore Kepulauan. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button