Mewakili Gubernur, Assisten II Hadiri Peresmian Kantor Dirlantas Polda Malut

TERNATENEWS  – Gubernur Maluku Utara yang di wakili oleh Assisten II Setda Maluku Utara Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Umar Sangadji, menghadiri acara Peresmian
Gedung Kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Maluku Utara yang baru diselesaikan pembangunannya, Senin, (10/02/2020) diresmikan oleh Kapolda Malut, Brigjen Pol, Drs. Suroto, M.Si.

Acara peresmian tersebut dihadiri pula oleh Assisten Setda Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Umar Sangadji, mewakili Gubernur) 

Kapolda Malut, Brigjen Pol, Drs. Suroto, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Pembangunan gedung yang megah ini adalah wujud kontribusi dan komitmen pemerintah terhadap Kepolisian Daerah Maluku Utara, dengan memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung tugas pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu dirinya mengharapkan seluruh jajaran Direktorat Lalu Lintas harus dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan negara ini dengan baik, hal kata Kapolda tentu harus dilakukan melalui kinerja yang optimal di bidang registrasi, identifikasi kendaraan bermotor guna terciptanya ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan raya.

Kantor yang baru diresmikan tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah peralatan teknologi yang moderen, yakni Regional Traffic Management Center (RTMC) bantuan dari Korlantas Mabes Polri. RTMC merupakan sarana komunikasi yang memberikan informasi arus lalu lintas setiap saat dibeberapa titik kerawanan, baik rawan macet, rawan pelanggaran dan rawan kecelakaan yang tersebar di 15 titik lokasi dengan 30 kamera CCTV yang tersebar di bagian Utara, Tengah dan Selatan Kota Ternate.
“Apabila di seluruh wilayah M.U sudah memiliki RTMC maka kita dapat memantau situasi lalu lintas dijalan raya yang dianggap rawan macet, rawan pelanggaran, rawan kecelakaan, rawan unjuk rasa dan rawan kriminalitas, sehingga masyarakat bisa merasa aman, nyaman, dan Tentram” tegas Kapolda.

Sementara itu, Gubernur Malut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Assisten II Setda provinsi Malaut, Drs.Umar Sangaji mengatakan, Lalu Lintas mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional sebagai bagian dari sistem transportasi nasional yang harua dikembangkan potensi dan perannya untuk dapat mewujudkan keamanan keselamatan, ketertiban Dan kelancaran berlalu lintas dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan ekonomi dan pengembangan struktur tata ruang wilayah.

Untuk itu lanjut Gubernur, upaya pemberdayaan dan pengembangan sarana dan fasilitas di bidang lalu lintas senantiasa menjadi kewajiban pemerintah dalam mendorong pengembangan industri dalam negeri, antara lain dengan membangun sarana dan prasarana gedung perkantoran, fasilitas, insentif, dan menerapkan standar produk peralatan lalu lintas serta angkutan jalan raya.

Untuk itu, kedepan perlu diarahkan pada penanggulangan secara komprehensif yang mencakup upaya pembinaan, pencegahan, pengaturan, dan penegakan hukum. Selain itu perlakuan khusus yang diberikan Pemerintah berupa pemberian kemudahan sarana dan prasarana fisik / nonfisik yang meliputi aksebilitas, prioritas pelayanan dan fasilitas pelayanan lalu lintas.
Turut hadir pada acara peresmian tersebut, Ketua DPRD Provinsi Malut Forkopimda provinsi Maluku Utara, Walikota Ternate Drs. Burhan Abd. Rahman, serta seluruh Pejabat Utama Polda Maluku Utara.(hmspmprov)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button