Sekprov Buka Rakor dan Sinkronisasi Dinas Perhubungan Se-Provinsi Maluku Utara.

TERNATENEWS – Dalam Rangka membangun sinergitas sektor Perhubungan Provinsi Maluku Utara, Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Rapat Kordinasi dan Singkronisasi Dinas Perhubungan se – Provinsi Maluku Utara tahun 2021 yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A. Kadir yang bertempat di Lt. VI Muara Hotel Ternate, Senin (29/03/21).

Dalam Sambutan Tertulis Gubernur yang di sampaikan Sekprov mengatakan bahwa Pemerintah terus berupaya melaksanakan pembangunan di semua sektor dengan penuh tekad dan semangat. Walaupun di awal tahun 2020, kita dihadang oleh tantangan pandemi Covid-19, yang tentunya berimbas pada situasi perekonomian kita, namun hal ini bukanlah menjadi kendala kita untuk melakukan berbagai strategi demi kemajuan daerah kita bersama.

“Salah satu sektor vital yang terus dibenahi adalah sektor transportasi, baik darat, laut dan udara. Semua jalur transportasi ini dapat mempermudah dan mempercepat ekspansi ekonomi, sehingga pemulihan dan peningkatan ekonomi dapat di capai”. Ucap Sekprov

Lanjut beliau, Jalur Laut, ada program Tol laut, yang memberikan   kemudahan ketersediaan (availability), pengiriman (accessibility), dan disparitas harga barang kebutuhan yang lebih terjangkau oleh masyarakat (affordability). Dan kapal kapal – kapal penghubung antar daerah/pulau yang  mengangkut berbagai produk industri dan hasil-hasil produk pertanian dan perikanan.

“program Tol Laut ini dapat memberikan dukungan konektivitas logistik wilayah Indonesia Timur, termasuk Maluku Utara secara optimal, dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur pendukung, seperti jalan menuju ke pelabuhan, kapasitas dermaga, dan fasilitas pendukung lainnya”. Kata mantan Kepala Bappeda ini.

Sementara itu, untuk jalur udara, pemerintah juga melakukan pengerjaan penyelesaikan revitalisasi Bandar Udara, seperti Bandara Sultan Babullah, dan baru – baru ini kita juga telah menyaksikan peresmian Terminal Baru Bandara Kuabang, oleh Presiden RI.

“Semua percepatan pembangunan ini merupakan upaya mempercepat konektivitas antar wilayah”. Ungkap sekprov

Lanjutnya dalam sambutannya, bahwa dalam rangka membangun sinergitas, sinkronisasi dan harmonisasi demi mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Kementerian Perhubungan secara efektif dan efisien sesuai unit dan domisili masing-masing wilayah kerja. Perlu adanya komitmen bersama guna mewujudkan konektivitas, keselamatan, dan pelayanan transportasi yang handal dan berdaya saing.

“Melalui forum ini, diharapkan mampu menjadi media edukasi, diskusi, transformasi dan aspirasi bagi peserta,  sehingga dapat menyamakan persepsi/ pemahaman guna meningkatkan kinerja program sesuai tupoksi masing-masing di setiap komponen terkait”. Harap sekprov

Sementara di sela-sela itu, Kepala Dinas Perhubungan Armin Zakaria saat diwawancarai mengatakan bahwa dengan adanya Rakor ini kita mengintegrasikan semua program kegiatan disemua sektor perhubungan sehingga adanya keterpaduan dari Provinsi dan Kabupaten/kota dalam pelaksanaan program dan kegiatan.

“Kita membangun sinergitas dalam rangka untuk menuju konektivitas di Provinsi Maluku Utara, sehingga antara Kabupaten/kota dengan Provinsi terjadi singkron dalam pelaksanaan program sehingga tidak terjadi tumpang tindih”. Ucap Kadishub pemprov malut

Disela-sela Kegiatan Tersebut juga dilakukan Penyamatan Tanda Peserta secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan Rakor dan singkronisasi ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari, mulai dari tanggal 29 maret sampai dengan tanggal 1 April 2021 bertempat di Balroom Muara Hotel Ternate.

Tampak Hadir, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A. Kadir, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara Armin Zakaria, Kasubdit Gakkum Polda Malut, Kepala Balai Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kepala Dinas Kabupaten/Kota se Maluku Utara. (gmspemprov))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button