Antam dan CBL Investama Sumbang Alkes dan Obat Atasi Covid-19

 

 

HALTIMNEWS – Dalam rangka mendukung penanganan covid 19 di Maluku Utara, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, PT.ANTAM Tbk bekerja sama dengan PT.CBL Investama Indonesia memberikan bantuan alat Kesehatan dan obat-obatan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur dan kepada RSUD Chasan Boesorie Ternate.

PT.ANTAM Tbk UBP Nikel Maluku Utara adalah BUMN Pertambangan yang beroperasi di Halmahera Timur, sedangkan PT. CBL Investama Indonesia adalah mitra antam yang akan membangun pabrik bahan baku EV Batere di Halmahera Timur.

Bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah Halmahera Timur berupa Oxygen Concentrator sebanyak 25 Unit, APD, obat-obatan, dan vitamin yang diperlukan dalam penanganan Covid 19 di Halmahera Timur. Rencananya bantuan tersebut selain untuk RSUD Maba, juga akan disitribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ada di Halmahera Timur. Sedangkan bantuan untuk RSUD Chasan Boesoeri berupa Oxygen Concentrator sebanyak 15 unit.

Oxygen Concentrator tersebut diberikan karena melihat kebutuhan oksigen untuk pasien covid 19 menjadi salah satu yang kritikal, dan beberapa waktu lalu sempat terjadi kelangkaan oksigen. Hal itulah yang mendasari ANTAM dan CBL membantu rumah sakit di Maba dan Ternate menyediakan oksien concentrator.

Dengan bantuan alat ini, diharapkan dapat membantu ketersediaan oksigen bagi pasien yang memerlukan. Alat tersebut saat ini sedang dalam pengiriman dari Jakarta dan akan diserahkan beberapa hari kedepan. Sedangkan alat Kesehatan, obat-obatan, dan vitamin sudah diserahkan kepada Pemda Halmahera Timur yang diterima langsung oleh Bupati Halmahera Timur, Drs. Ubaid Yakub.

Demikian Agustinus Toko Susetio, VP CSR, Human Capital, and Finance PT.ANTAM Tbk UBP Nikel menjelaskan.

Sebelumnya ANTAM juga sudah membantu RSUD Maba dan puskesmas yang berada di sekitar wilayah perusahaan dalam penyediaan tabung oksigen dan isinya. ANTAM juga membantu RSUD Maba dalam menyediakan laboratorium untuk Analisa SWAB PCR, dan juga mesin PCR yang saat ini sudah beroperasi dan mendukung daerah dalam melakukan tracing dan testing dalam rangka penanganan covid 19 di wilayah Halmahera Timur.

Masih dalam rangka penanganan covid 19 di wilayah Halmahera Timur, PT.ANTAM Tbk juga melaksanakan vaksinasi kepada seluruh karyawan dan keluarganya. Setelah berhasil melakukan vaksinasi kepada sekitar 400 orang pada tahap 1 dan 500 orang pada tahap 2, ANTAM kembali akan melakukan vaksinasi kepada 3000 orang. Yang akan menjadi sasaran vaksinasi tidak hanya karyawan dan keluarganya, tapi juga masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksin dari Program Pemerintah. Kegiatan ini akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, TNI, POLRI, dan stakeholder lainnya. Vaksinasi kepada sebanyak 3000 orang tersebut akan dilakukan mulai tanggal 20 Agustus 2021.

Dalam penyampaiannya, Bupati Halmahera Timur, Drs. Yakub Ubaid mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh ANTAM dan CBL sebagai mitra antam dalam mendukung penanganan covid 19 di Halmahera Timur. Bupati Ubaid berharap semua pihak bisa saling bekerja sama dalam mengatasi pandemic dan membangun daerah Halmahera Timur.(emn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button