Jelang STQ Nasional, Dinas Perkim Malut Bebaskan Lahan Untuk Mobilitas Sampah

SOFIFINEWS – Carut marut proses pembayaran tanah untuk Akses jalan masuk lokasi tempat pembuangan akhir ( TPA) regional di Desa Tabadamai akhirnya terselesaikan.

Hal ini karena telah dilakukan pembayaran ganti kerugian oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Maluku Utara kepada pemilik lahan yang merupakan warga di Desa Tabadamai.

Penyelesaian pembayaran ganti kerugian lahan akses jalan masuk ini sebelumnya terkatung katung tidak bisa dibayarkan karena terkendala dengan belum tersedianya anggaran untuk pembayaran ganti kerugian serta adanya polemik pergantian bendahara.

Kepala Bidang Kawasan Permukiman dan Pertanahan Muhamad Hartono menjelaskan bahwa pembayaran ganti kerugian pengadaan tanah akses jalan masuk sudah tuntas. “Sudah dibayarkan kemarin ganti kerugian lahan akses jalan masuk TPA Tabadamai. Sudah saya cek ke bendahara,” Ujar Kabid yang biasa di sapa Ato.

Menurut mantan Kadis Pariwisata Halmahahera Selatan ini persoalan ganti kerugian berkepanjangan karena adanya kekurangan anggaran untuk pembayaran ganti kerugian.

Muhammad Hartono menambahkan bahwa Dana yang tersisa untuk pembayaran lahan sebesar Rp. 210 juta,  sementara anggaran yang dibutuhkan untuk pembayaran ganti kerugian sebesar Rp. 405 juta.

Penambahan anggaran ini yang menyita  waktu proses pembayaran ganti kerugian kata dia.

Lahan seluas 8.054 M² tersebut sesuai peruntukan dari Dinas Perimahan dan Kawasan Permukiman Maluku Utara nantinya akan dibuat pengaspalan jalan sebagai akses masuk ke tempat pembuangan akhir ( TPA) Desa Tabadamai dalam rangka kelancaran mobilitas angkutan sampah pada saat pelaksanaan STQ Nasional bulan Oktober 2021.

Sebagimana diketahui sebelumnya masyarakat pemilik lahan desa Tabadamai melakukan penghadangan operasional kegiatan pengaspalan jalan masuk menuju Tempat Pembuangan Sampah.

Mereka menuntut lahannya dilunasi lebih dulu baru bisa melakukan pekerjaan pengaspalan. Akibatnya beedampak pada penyelesaian pekerjaan. Apalagi waktu pelaksanaan STQ sudah sangat dekat.(emn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button