Gubernur AGK dan Lima Provinsi Bahas Pala di Ternate

 

 

 

 

TERNATE NEWS – Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan, akan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan para Gubernur Provinsi sentra utama produksi Pala.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Protokoler, Kerjasama dan Komunikas Publik Setda Provinsi Maluku Utara, Armin Zakaria.
”Sesuai dengan surat yang kami terima dari Dirjen Perkebunan RI dengan nomor: 888/TU.020/E/09/2018, tentang Rakor Gubernur Provinsi sentra produksi Pala, bahwa pihaknya akan melaksanakan kegiatan Rakor tersebut di Hotel Grand Dafam Ternate, pada 27 dan 28 September 2018,” Kata Armin Zakaria, yang disampaikan melalui press releasenya, Senin (24/9).

Dirinya juga menjelaskan, fokus pembahasan dalam Rakor tersebut akan diusulkan terkait 3 isu utama yaitu, (1). strategi pengembangan kawasan sentra utama produksi Pala sebagai klaster agribisnis, (2). strategi peningatan produsi, produktifitas dan mutu (penataan sistem pembenihan, penerapan teknologi produksi pala, penerapan jaminan mutu dan keamanan pangan, pengembangan teknologi serta sarana penolahan dan pascapanen), (3). strategi peningkatan pasar (domestik dan internasonal).

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa, dalam acara Rakor itu akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama MoU (Memorandum of Understanding) antara Dirjen Perkebunan RI dengan 6 Gubernur Provinsi penghasil Pala. ”Selain dilakukan MoU antara Dirjen Perebunan dan para 6 Gubernur, para peserta dan robongan juga akan melakukan kunjungan ke penangkaran benih pala di Kota Ternate, kunjungan ke Keraton kesultanan Ternate dan beberapa objek wisata lainnya di Kota Ternate,” katanya.

Sekadar diketahui, 6 Gubernur Provinsi Sentra utama penghasil pala yang akan mengikuti Rakor yaitu, Gubernur Maluku Utara, Gubernur Maluku, Gubernur Papua Barat, Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Sulawesi Tengah dan Gubernur Aceh. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button