Unkhair Gelar Kuliah Lapangan di Harita Nickel

 

HALSELNEWS – Harita Nickel Division menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknik Pertambangan (FTP) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate berupa Kuliah Lapangan bagi para mahasiswa.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu (21/7) di Site Kawasi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara itu melibatkan 10 mahasiswa, 3 dosen dan beberapa perwakilan departemen Harita Nickel yang memberikan materi seputar pertambangan.

Para mahasiswa mendapat penjelasan konsep good mining practice (GMP) yang menjadi pedoman Harita Nickel Division dalam melakukan kegiatan pertambangan. Beberapa pemaparan program kerja yang berkaitan dengan lingkungan (environment), keamanan dan keselamatan (safety), mine plan engineering (MPE) serta corporate social responsibility (CSR) membuat pengetahuan mahasiswa terhadap pertambangan semakin luas. Penjelasan itu juga kian meyakinkan para peserta Kuliah Lapangan bahwa operasi tambang yang dilakukan Harita Nickel Division berlangsung secara berkesinambungan dan bertanggung jawab.

Kuliah Lapangan ini tidak semata-mata berlangsung di dalam ruangan. Setelah mendapat pemaparan teori dari para ahli, para peserta yang sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) itu pun mendapat kesempatan mengelilingi area tambang untuk melihat secara langsung berbagai proses pertambangan nikel.

Mereka melihat bagaimana kegiatan eksplorasi dilakukan, penggalian tanah untuk mendapatkan ore dengan kadar nikel yang dibutuhkan, hingga pelaksanaan tahap-tahap reklamasi yang membuat area pascatambang menjadi asri kembali.

Salah satu peserta Kuliah Lapangan yang juga merupakan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Unkhair, Irham Galela, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Ia pun mengapresiasi Harita Nickel yang telah menerima dan memfasilitasi para peserta Kuliah Lapangan dengan baik. “Dalam kunjungan Kuliah Lapangan ini, kami bisa mendapatkan pengalaman baru serta bisa mengaplikasikan teori yang kami dapat di kampus,” ungkap Irham.

Sementara itu, Hilda Alkatiri ST., MT. selaku dosen pendamping juga bersyukur karena Kuliah Lapangan ini dapat berlangsung dengan lancar dan menyisakan kesan yang baik.

Menurutnya kegiatan ini menjadi bukti kerja sama antara Harita Nickel Division dan FTP Unkhair yang terus terjalin. Selain Kuliah Lapangan, terdapat pula ragam kerja sama lain yang sudah berlansung antara kedua pihak seperti Kerja Praktik, Studi Komparatif, Tugas Akhir hingga Penelitian Dosen.
“PT Harita Group merupakan perusahaan tambang nikel di Maluku Utara yang memiliki sistem penambangan dan pengolahan ideal serta sistem manejemen yang baik, sehingga dapat dijadikan contoh penambangan nikel bagi mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan dalam Kuliah Lapangan,” ungkap Hilda. Ia pun berharap ragam kerja sama lain dengan Harita Nickel bisa lahir dalam waktu yang akan datang.

Deputy Head CSR and External Relation Harita Nickel Division, Alexander Lieman, menyambut baik kegiatan Kuliah Lapangan ini. Menurutnya, Kuliah Lapangan ini merupakan kegiatan pedana Harita Nickel Division bersama Unkhair. “Kami sangat senang bisa berkontribusi dan juga berharap ke depannya, kerja sama seperti ini bisa terus terjaga dan berguna demi mendidik putra-putri daerah.

Kami sebagai perusahaan tambang di sini sangat berharap untuk dapat berkontribusi dalam memajukan generasi penerus dalam bidang pertambangan,” ujarnya.

(Divisi Media Harita Nickel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button