Pimpin Upacara Hari Bhakti PU ke 74, Wagub Sampaikan Amanat Presiden : Infrastruktur Butuh Pembiayaan Serius

 

SOFIFINEWS – Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. M. Al Yasin Ali. M.MT menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) ke 74 yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pekerjaan Umum provinsi Maluku Utara Selasa (3/12) berlangsung aman.

Melalui sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dibacakan oleh wagub saat memipin upacara menyampaikan, rasa terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kinerja serta kerja keras seluruh pihak, mulai dari jajaran Kementerian PUPR, pemerintah daerah, BUMN, dan mitra swasta baik yang bergerak di bidang konstruksi maupun di bidang pembiayaan, untuk mencapai target pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Lanjut wagub, Lima tahun terakhir ini kita telah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur secara besar¬besaran seperti jalan tol, bandara, pelabuhan untuk mendukung tol laut, pembangkit tenaga listrik dan bendungan. Infrastruktur dasar pedesaan juga terus kita bangun seperti saluran air bersih, jalan-jalan desa, perbaikan saluran irigasi dan embung, yang tidak dilakukan hanya di Pulau Jawa saja tetapi ke seluruh wilayah Indonesia terutama ke wilayah Indonesia bagian Timur, wilayah pedalaman, kawasan terisolir dan daerah perbatasan. Hal ini kita lakukan tidak hanya untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi, tetapi sekaligus untuk mewujudkan rasa keadilan masyarakat serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa kita

“Meskipun kita semua telah bekerja keras, agenda pembangunan infrastruktur belum selesai. Kita masih punya pekerjaan rumah, masih ada pekerjaan berat pembangunan untuk kemajuan bangsa Indonesia”. Ungkapnya.

Wagub juga menambahkan, Pembangunan infrastruktur harus memiliki dampak siginifikan bagi kesejahteraan masyarakat. Seluruh jajaran pemerintah dan mitra yang terlibat harus memastikan bahwa pembangunan infrastruktur fokus memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, khususnya dalam menaikkan kelas UMKM, pengembangan pariwisata, penciptaan lapangan kerja dan peningkatan ekspor.

“Oleh karena itu, sudah saatnya kita menghubungkan infrastruktur – infrastruktur yang tersedia dengan sentra – sentra produksi, menghubungkan obyek wisata dengan sentra-sentra pemasaran”. Jelasnya

Selain itu wagub juga menyampaikan keinginan Presiden Republik Indonesia terkait Pembangunan infrastruktur yang berkualitas juga harus didukung dengan pembiayaan yang memadai. Tidak mungkin pembangunan di negara kita ini hanya dilakukan oleh pemerintah dan bersumber dari APBN saja. Kreativitas menjadi kunci pembiayaan pembangu nan infrastruktur ke depan.

 “Oleh karena itu, saya minta lembaga-lembaga pembiayaan dan mitra swasta untuk tetap ikut secara serius menyukseskan agenda bangsa ini” pintah Jokowi dalam isi sambutan.

saya minta kepada segenap insan PUPR untuk meneladani semangat pantang menyerah, keberanian dan pengorbanan sebagaimana diperlihat kan oleh Tujuh Pahlawan Sapta Taruna yang gugur di Gedung Sate, Bandung, pada 3 Desember 1945 akan selalu menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi setiap insan PUPR dalam menjalankan tugas. Harapnya

Dalam kegiatan upacara Hari Bhakti PU ke 74 juga di akhiri dengan penyematan dan penyerahan piagam gelar tanda jasa dan tanda kehormatan RI, satya lencana (karya satya lencana 10 tahun kepada tiga pegawai balai pemilihan pelaksana jalan Konstruksi wilayah malut Direktoral Jendral Bina Konstruksi dan satu pegawai dari balai prasarana pemukiman wilayah malut

 

Sekedar diketahui, pada kegiatan tersebut tampak di hadiri oleh Forkopimda Malut,
Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVI Maluku dan Maluku Utara, Jon Sudiman Damanik,Kepala balai pelaksana pemilihan pelaksana jasa konstruksi maluku utra : sahdin hi husen, st. mt. Balai prasarana permukiman wilayah maluku utara : Hi. Fasri Bachmid, ST, Kadis PU Provinsi Malut, Santrani Abusama berseta pimpinan OPD Provinsi Malu dan jajaran Karyawan Karyawati Dinas PU provinsi Malut.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button