Gubmu Ingatkan Pelayanan Rumah Sakit Lebih Serius

 

SOFIFINEWS- upaya menjadikan Sofifi sebagai sentral dari beberapa kabupaten dalam mempermudah akses pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, Gubernur Maluku Utara Kh. Abdul Gani Kasuba, Lc meresmikan Gedung Baru Rumah Sakit Umum Sofifi, selasa (14/1/19) bertempat di Jalan Raya 40 Galala, kecamatan Oba Utara.

Gubernur dalam sambutannya mengungkapkan rasa bahagia atas diresmikannya gedung baru RSU Sofifi. “Hari ini saya merasa bahagia karena kita sudah mempunyai gedung baru RSU Sofifi yang sudah lama menjadi keinginan saya membangun RSU di Sofifi.” ungkapnya

Dikatakannya, kita sudah memiliki Rumah Sakit sebagai rujukan yakni Rumah Sakit Chasan Bosoirie di Ternate. Namun di sana, sebagian masyarakat masih merasa sulit jika di rujuk kesana (red-Ternatre) karena faktor jarak dan waktu.  “rumah sakit Sofifi ini akan kita kembangkan, kita akan membangun fasilitas-fasilitas medis yang lebih lengkap lagi” pintahnya.

Gubernur juga berharap untuk melengkapi semua kebutuhan yang ada, agar kedepan nanti dapat kita tingkatkan status Rumah Sakit Sofifi bisa memenuhi standard dan menjadi Rumah Sakit Rujukan yang lebih lengkap lagi.

Selain itu Gubernur juga meminta kepada direktur RSU Sofifi untuk membenahi, baik fasilitas yang dibutuhkan maupun sistem pelayanannya yang lebih baik dan professional.
“dalam tahun anggaran 2020 ini kita telah menyediakan anggaran yang cukup besar yang diperuntukan bagi kebutuhan pelayanan rawat inap. Paparnya.

Dirinya juga berpesan, semua fasilitas yang telah disediakan ini harus dijaga dan dirawat dengan baik. Berikan arahan dan bimbingan kepada petugas kesehatan yang disini dengan baik sehingga mereka bisa bekerja dengan maksimal. Tutupnya.

Sementara Direktur RSU Sofifi dr. Silvia Umaternate dalam laporannya memnyampaikan, saat ini jumlah SDM yang kami miliki sebanyak 175 pegawai yang terdiri dari 137 PNS dan 37 tenaga kontrak, dengan rincian 2 orang dokter spesialis (penyakit dalam dan anak), 10 orang Dokter Umum, 1 orang dokter gigi, 51 perawat, 17 bidan, dan tenaga penunjang Lainnya.
“Untuk sementara ini sarana gedung yang diresmikan yaitu Instalasi Gawat Darurat dan Poliklinik RSU Sofifi.” Tuturnya.

Dirinya juga menambahkan, saat ini pelayanan yang diberikan berupa pelayanan gawat darurat, rawat inap, rawat jalan (Poli Umum, Penyakit Dalam, Anak dan gigi), Radiologi, farmasi, laboratorium, Fisioterapi, Gizi dan Laundry.

Selain itu juga, Kadis Kesehatan Provinsi Malut dr. Idhar Sidi Umar menyampaikan, untuk tenaga medis RSU Sofifi masih sangat membutuhkan karena masih kurang Cuma secara bertahap sehingga kenaikan dari tipe D ke tipe C itu agak mudah karena salah satu persyaratan adalah menyangkut tenaga medis.  “alhamdulillah perlengkapan RSU sudah lumayan memenuhi syarat. Tahun depan RSU Sofifi akan di tingkatkan ke tipe C setelah dibenahi semua dan bangunan yang disampaikan bahwa tahun ini akan dibangun sekalian RSU sudah terakreditasi dan sudah bekerjasama dengan BPJS. Katanya.

Menurutnya, jika tenaga medis sudah mencukupi serta semua syarat sudah terpenuhi maka kita akan ajukan ke tipe C.  “Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik”. Akunya
Disentil mengenai rumah sakit Jiwa dirinya mengatakan, sementara dibenahi sistemnya dan fasilitas dalam waktu dekat akan beroperasi.

Kegiatan ini juga diakhiri dengan Penandatanganan Kejasama Pemprov Malut dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Ternate. Tentang kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemperov Malut.

Selain penandatanganan, juga dilanjutkan dengan penyerahan Kartu BPJS oleh Gubernur kepada lima orang masyarakat Sofifi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. M. Al. Yasin Ali M.MT, Pimpinan OPD lingkup Provinsi Malut, Direktur RSUD Chasan Bosoirie Ternate, dr. Samsul Bahri, Pihak BPJS Cabang Ternate beserta jajaran RSU Sofifi.(hmsprov)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button