Destinasi Wisata Selama Lebaran, Jabar Siapkan 15.000 Rapid Test Antigen

JABARNEWS  – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memastikan akan ada pengawasan dan pengendalian terhadap destinasi wisata selama Lebaran. 

Destinasi wisata diperkirakan akan dikunjungi masyarakat seiring kebijakan pelarangan mudik.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jabar Dedi Taufik mengatakan, Pemprov Jabar bakal melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap destinasi wisata selama Lebaran.

“Kami akan melakukan rapid test antigen secara acak di destinasi wisata yang berpotensi mendatangkan banyak wisatawan saat lebaran, “jelasnya.

Ditambahkan, tes antigen dilakukan untuk mencegah penularan dan mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 saat libur Lebaran, terutama di destinasi wisata yang diprediksi menjadi tujuan utama masyarakat seiring adanya larangan mudik.

“Ada 15 ribu antigen yang akan kita sebar ke tempat-tempat wisata, dan apabila ada pergerakan menuju objek wisata, kita lakukan antisipasi,” kata Dedi.

Dedi memastikan, usai lebaran akan ada pergerakan, kalau sekarang larangan untuk mudik, tapi kami antisipasi. Disparbud Jabar dan Kabupaten/Kota sudah menyiapkan antisipasi yaitu 3T, testing – tracing – treatment, salah satunya testing melalui tes secara acak apabila ada pengunjung ke destinasi wisata.

Selain melaksanakan tes secara acak, Lanjut Sedu, pihaknya bersama Disparbud Kabupaten/Kota di Jabar akan memonitor pembatasan jumlah pengunjung, pembatasan jam operasional, serta penerapan protokol kesehatan di hotel, pusat perbelanjaan, rumah makan, dan destinasi wisata.

Dedi berharap antisipasi yang sudah disusun secara komprehensif oleh Disparbud Jabar dan Kabupaten/Kota dapat mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 saat Lebaran nanti, terutama di destinasi wisata. (abybgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button