Alasan Tidak Punya Dana RSUD Ternate Terlantarkan Alat Endoscopyis

Direktur RSUD Ternate, Dr.Syamsul Bachri,SpOg.

TERNATE, MALUTNRWS.COM – Kelengkapan peralatan penunjang medis untuk mengdiagdosa penyakit yang diderita pasien sangatlah penting. Karena hal tersebut dapat mengobati si penderita.
Akan tetapi alat kesehatan yang dalam bahasa pengadaan barang dan jasa disebut Alkes itu, yang sudah diadakan melalui proyek pengadan  hingga ratusan juta rupiah pada rumah sakit umum Chasan Bosoiri, sejak lebih dari 3 tahun lalu diterlantarkan begitu saja di sudut ruang iccu rsu yang kerap jadi sorotan publik itu.
Alat yang disebut enndoscophys yang berfungsi menerawang secara visual penyakit asam lambung dan penyakit dalam lainnya itu ternyata selama bertahun tahun lamanya tidak di perdulikan para direktur rumah sakit chasan bosoiri yang silih berganti.
Ketika hal ini ditanyakan kepada direktur RUMAS SAKIT CHASAN BOSOIRI, Dokter Syamsul Bachri, dia hanya mengatakan bahwa alat itu tidak terlalu penting, jika dibandingkan dengan alat yang lain seprti pemacu jantung.
Akan tetapi dia juga mengakui bahwa untuk menjalankan  alat tersebut memerlukan tenaga ahli yang sudah dilatih untuk mengoperasikan endoscopys penyakit dalam tersebut. Sementara lanjut Syamsul selama bertahun tahun lamanya sejak alat itu dibeli rumah sakit yang dia pimpin sudah tiga tahun itu tidak mempunyai dana untuk menyekolahkan tenaga medis untuk mempelajari fungsi alat penyakit maag itu.
Untuk itu dalam tahun anggaran 2018 mendatang dirinya akan menganggarkan pelatihan alat tersebut.
Selain itu juga Syamsu mengatakan dirinya berharap ada dokter spesialis penyakit dalam yang sudah mahir dan memiliki sertifikat keahlian yang bersedia membantu menjalankan alat tersebut.
“Selama ini memang jujur saja tidak ada dana untuk melatih tenaga medis ataupun dokter ahli untuk mempelajari fungsi alat itu,, nah dalam tahun depan saya akan anggarkan biaya pelatihan khusus alat itu, dan jika ada dokter penyakit dalam yang memilikj keahlian dan disertai sertifikatnya, saya justru berharap bisa membantu rumah sakit menjalankan alat tersebut,” Ujar Direktur RSUD Ternate.(efa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button