Pembangunan Desa Dagasuli Terus Bergeliat

MALUTNEWS.COM – Pembangunan Pedesaan bisa dipercepat dengan cara memberdayakan masyarakat, namun kenyataan selama ini menunjukkan bahwa suatu pembangunan secara besar-besaran dari masyarakat desa masih menemui kesulitan dan kendala yang disebabkan oleh keterbatasan dana dan sumber daya manusia yang terbatas untuk menjangkau daerah pedesaan secara keseluruhan, sehingga pembangunan desa dapat direalisasikan dengan bantuan minimal dari pemerintah.

Dengan kondisi seperti ini maka inisiatif dan partisipasi masyarakat itu sendiri menjadi sangat penting dan menentukan keberhasilan pembangunan desa sehingga kemajuan desa bisa terlihat.

Kepala desa sebagai pemimpin harus menjadi panutan bagi masyarakat. Sebab itu menjadi seorang pemimpin harus mampu melahirkan berbagai hal agar masyarakat dapat mengikuti sikap keteladanannya dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat.

Meskipun pada akhirnya pro dan kontra di masyarakat tidak bisa terelakkan. Seperti kepemimpinan Kades Dagasuli Ahmad Amun dalam profesinya sebagai salah satu Kepala Desa di Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara yang berhasil dalam pencapaian pembangunan secara merata dan transparansi selama menjabat Kades di Desa Dagasuli Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara

Awak Media menelusuri kebenaran atas capaian pembangunan yang dilaksanakan Kades Dagasuli yang digadang-gadang berhasil membangun desanya secara merata.

Ditemui di kediamannya, Ahmad Amun menyambut baik dan memaparkan capaian pembangunan yang telah terlaksana selama menjabat sebagai Kades Dagasuli mulai dari Tahun 2015 sampai saat ini. Sekarang pembangunannya sudah bisa dirasakan oleh warganya, walaupun masih terdapat pro kontra di antara warga desa Dagasuli

“Keberhasilan capaian pembangunan Desa, semua atas dasar kerja sama yang baik antara masyarakat, BPD dan seluruh staf kantor desa Dagasuli dan kita selalu melakukan koordinasi terkait pembangunan yang dilaksanakan sesuai kebutuhan warga saya, ujar Ahmad Amun, baru baru ini dikediamannya Sabtu, (11/11/2023).

“Sebagai kepala desa, saya memiliki tugas utama yaitu, bagaimana menciptakan kehidupan demokratis, memberikan pelayanan sosial yang baik di kalangan masyarakat sehingga dapat membawa warganya pada kehidupan yang sejahtera, rasa tentram dan berkeadilan, “ kata Ahmad Amun

Lebih lanjut Ahmad memaparkan, pembangunan yang telah dinikmati warganya antara lain meliputi, pembangunan jalan tani menuju Areal Pekuburan , Pembangunan Gedung Kantor Desa, Pembangunan Gedung Pertemuan Desa, Pembangunan Talud Penahanan Ombak, Pembebasan Lahan dan ganti tanaman untuk pembangunan PLN dan tiang listrik, Pemasangan gratis 180 unit meteran listrik untuk seluruh warga desa Dagasuli, menghadirkan gedung Paud terintegrasi untuk anak anak PAUD, pembangunan saluran drainase desa, pematangan lahan areal depan Masjid Mujahidin Dagasuli, Pembangunan jalan setapak dan masih banyak lagi pembangunan yg sudah dinikmati oleh warga desa Dagasuli dan semua fisiknya masih terlihat layak dan bagus dari tahun 2015

Selain itu, setiap penyaluran program keluarga harapan (PKH) dan Bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah ( CPP) di desa Dagasuli berjalan lancar dan tentunya Ahmad berharap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sesuai dengan harapan pemerintah.

Adapun keberhasilan Ahmad Amun semuanya masih terlihat sampai saat ini dan di nikmati masyarakat desa Dagasuli. Ditambahkannya lagi, masih banyak program kedepannya yang akan di bangun untuk kesejahtraan warganya.

Ketika di tanya rencana ke depan untuk mencalonkan untuk periode ketiga Ahmad Amun mengatakan “Walaupun warga saya masih memberi kepercayaan dan amanah untuk meneruskan pembangunan desa ini, tapi untuk periode ketiga nanti saya belum berpikir ke arah itu, karena saya masih tetap fokus membangun dan selalu tetap mengedepankan kesejahteraan warga saya,” ucapnya.

Salah satu warga yg ditemui media ini Ramli mengungkapkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa selama ini banyak di apresiasi warga karena banyak perubahan pembangunan infrastruktur yg dirasakan oleh warga di desa

“Nanti om pala ini baru torang lia banyak kegiatan pembangunan di desa di laksanakan. Torang pe hak hak imam juga selalu dipenuhi” ujar imam Masjid Dagasuli ini.

Lebih lanjut, kemampuan kepala desa Dagasuli dalam mengelola pembangunan desa (menyusun program, membuat perencanan program, merancang implementasi program, mengawasi dan mengevaluasi program) serta kemampuan kepala desa dalam memimpin dan menggerakan bawahan atau perangkat desa dan masyarakat sejauh ini masih sangat mumpuni.

Kepala Desa Dagasuli saat ini tergolong mampu dalam mengambil keputusan, berintegrasi dengan masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat, memotivasi dan melakukan persuasif terhadap masyarakatnya.

“Selama kades memimpin desa Dagasuli torang pe desa selalu dalam kondisi aman dan demokratis”. Ujar Fahrul menutupi wawancara dengan media kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button