Baru 4 Tahun Jembatan Sabatai Anjlok Dihantam Banjir

 

Dibangun 2013 Dengan Dana Rp.11,5 Miliar

MOROTAI – Meski baru berusia 4 tahun, jembatan Sabatai Tua, Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), sudah mengalami kerusakan akibat dihantam banjir, Kamis (20/7). Plat injak jembatan beton di desa tersebut rusak parah, dan menyebabkan jalur lintas kendaraan yang lewat harus dialihkan lantaran terdapat bongkahan besar disisi jembatan,sebagaimana dilansir TransmaluT.com.
“Jembatan ini dibangun tahun 2013 oleh PT Indonesia Permai dengan anggaran sebesar Rp 11,5 miliar,” ungkap Koordinator Jembatan Pulau Morotai, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) wilayah I Maluku Utara, Bahtiar Nawawi.
Kerusakan jembatan itu terjadi yang kedua kalinya dalam dua tahun terakhir ini, setelah banjir tahun 2016 lalu. Padahal untuk usia jembatan tersebut baru empat tahun. Namun untuk pembangunannya ternyata tidak mampu menahan terjangan banjir yang diakibatkan curah hujan yang deras.
“Kita siap lakukan perbaikan, karena ini masih dalam tanggungjawab Satker wilayah satu Utara,” katanya.
Pihaknya lanjut Bahtiar akan turun untuk memperbaiki. Ia juga mengimbau agar jangan dahulu ada kendaraan yang lewat untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan.
“Kita belum bisa mengidentifikasi berapa jumlah anggaran untuk memperbaiki kerusakan ini, karena masih harus dihitung dulu. Nanti ada tim infestigasi untuk melihat hal itu, sekaligus mengidentifikasi kira-kira sistem apa yang nantinya akan kita pakai agar tidak lagi rusak seperti ini,” jelasnya. (Emen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button