Sah, PPI Dufa-Dufa Jadi Milik Pemprov Malut

Gubernur Abdul Gani Kasuba Bersama Walikota Ternate Tauhid Soleman, ditengah penyerahan Kewenangan pengelolaan PPI Dufa-Dufa.

 

TERNATENEWS – Hari ini Kamis,15 Juli 2021, Walikota Ternate, Tauhid  Soleman secara resmi menyerahkan dan mengalihkan seluruh  Personel Baik yang ASN maaupun non PNS, Pendanaan, Sarana dan  Prasarana serta semua dukumen Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dufa-Dufa Ternate kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Penyerahan asset UPTD PPI Dufa Dufa yang selama ini jadi sumber pendapatan yang lumayan bagus dari Pemkot Ternate melalui dinas perikanannya, berdasarkan perintah undang undang  tentang P3D wajib serahkan ke Pemerintah provinsi setempat.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Abdullah Assagaf menerima langsung penyerahan asset tersebut.

Dengan penyerahan seluruh nomenklatur tersebut, maka tidak ada lagi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang menjadi milik pemerintah kabupaten atau kota. Semua PPI sekarang ini sudah menjadi milik pemerintah Provinsi Maluku Utara. 

UPTD PPI Dufa dufa dibentuk berdasarkan Peraturan Walikota Ternate Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Pembentukan UPTD Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate. PPI ini mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai pelaksanaan pengelolaan, penyelenggaraan tata operasional, penyelanggaraan kegiatan teknis administrasi, pembinaan pengawasan dan pengendalian pada kapal pengawasan dan pengadilan pada kapal perikanan, nelayan, perusahaan ikan dan pelaksanaan koordinasi dengan unit terkait baik pemerintah maupun swasta. 

UPTD PPI Dufa-dufa sampai dengan tahun 2016 mempunyai jumlah pegawai sebanyak 20 orang yang terdiri dari 7 PNS dan 13 Pegawai kontrak.

Daya Tarik Pelabuhan PPI Dufa-dufa adalah banyak masyarakat di sekitaran PPI yang memanfaatkan lokasi pelabuhan untuk melakukan aktifitas memancing mengingat kondisi perairan di sekitaran pelabuhan masih terjaga sehingga menarik ikan-ikan pelagis kecil untuk masuk mencari makan disekitar areal dermaga, dengan kondisi inilah menarik banyak masyrakat untuk melakukan aktifitas memancing.(efa)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button