Ternate Bakal Menyandang Predikat Geopark Nasional

Hal tersebut diinformasikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate, Haji Rizak Marsaoly, bahwa Pemerintah Pusat melalui Badan Geologi telah tiba pada final check Selasa, 18/07/23.

Rizal Marsaoly menambahkan pemberian penghargaan terhadap Kota Ternate sebagai kawasan yang memiliki unsur geologi terkemuka, berdasarkan penilaian tim asesor badan geologi atas laporan Walikota Tauhid Soleman.

Secara konsep geopark adalah kawasan yang memiliki unsur geologi terkemuka, di mana masyarakat setempat juga berperan serta melindungi warisan alam tersebut. UNESCO sendiri memberikan penghargaan khusus bagi beberapa geopark terbaik di seluruh dunia dengan gelar UNESCO Global Geoparks (UGG)

Di Ternate sendiri kata Rizal terdapat potensi lokasi yang tergolong dalam destinasi wisata geologi seperti Gurabala Tomajiko di Pulau Hiri dan Fotamadiahi. Dua kawasan ini menurutnya sangat perlu untuk dipelihara  faktor Konservasi dan tidak kakh pentingnya juga adalah dari sisi edukasi guna mempelajari zonasinya.

Bagi Kepala Bappelitbangda ini, Ternate sebagai Branding City atau kata lain dari Kota Rempah memiliki kultur geologi yakni apa yang disebut juga dengan Keragaman Geologi dan Keragaman Biologi.(emn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button