Daftar Tunggu Haji di Malut Hingga 14 Tahun Kedepan

 

 

TERNATE, EMKA – Keberangkatan jamaah calon haji merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridha Allah subhanahu wata’ala. Ibadah haji yang merupakan salah satu rukun Islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya. Mampu dari segi ekonomi dan segi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental. Disamping itu, harus juga memenuhi persyaratan, baik syarat dalam ketentuan syariat maupun syarat yang ditetapkan pemerintah.

Pernyataan tersebut dikemukakan Gubernur Maluju Utara,  KH. Abdul Gani Kasuba, saat memeberikan sambutan pada acara PELEPASAN JAMAAH CALON HAJI PROVINSI MALUKU UTARA
TAHUN 1439 H/2018M di Ternate. 

Kepada Jamaah calon haji yang sudah dinyatakan ikut bergabung dalam rombongan keberangkatan haji tahun ini, Gubernur mengarahkan  harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya karena jumlah pendaftar dari tahun ke tahun terus meningkat, bahkan daftar tunggu saat ini sudah mencapai 14 Tahun kedepan.

“Ibadah haji yang akan saudara-saudara laksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan Negara. Para calon haji hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri, yaitu ibadah secara total. Bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i, tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf.
Melalui kesempatan ini pula, saya berharap keberangkatan 1.080 jamaah calon haji dari Provinsi Maluku Utara ini, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia, Ujar Gubernur AGK.

Karena itu, Gubernur juga berpesan agar pelihara dan jaga martabat dan kebersamaan, serta menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

AGK  juga ingatkan bahwa Ibadah haji adalah ibadah lisan, hati, maliyah sekaligus ibadah badaniyah. Menurut dia, Selama berada di tanah suci jagalah kesehatan karena suhu udara sangat berbeda dengan di daerah kita. Diharapkan kepada jamaah calon haji agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan.

“Saya juga ingin menitipkan harapan kepada jamaah calon haji sekalian, agar senantiasa mendoakan daerah kita, Maluku Utara tercinta ini. Semoga kemakmuran dan kesejahteraan rakyat terus menerus meningkat,” Pinta Gubernur,  seraya mengakhiri sambutan dengan iringan doa yang tulus dan ikhlas, semoga menjadi Haji Yang Mabrur(emn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button