Dihadiri Asisten Gubernur, Kantor Bahasa Malut Gelar Pemilihan Duta Bahasa

TERNATENEWS – Malam puncak pemilihan Duta Bahasa tingkat provinsi Maluku Utara digelar di hotel grand Sahid Bela Ternate, Jumat (13/03/20) malam dibuka gubernur Maluku Utara yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Salmin Djanidi.

Gubernur Maluku Utara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Salmin Djanidi mengatakan, di era sekarang dimana keterbukaan informasi dan komunikasi semakin menuntut masyarakat untuk memiliki kualifikasi penguasaan bahasa asing yang menjadi trend dikalangan generasi muda kita.

Untuk itu perlu menyingkapinya dengan menanamkan cinta bahasa pada generasi muda kita. Bangga bahasa indonesia sebagai bahasa yang menyatukan setiap warga negara indonesia dari sabang sampai merauke.

Gubernur menilai bahawa pemilihan Duta Bahasa seperti ini merupakan suatu ajang bagi para pemuda yang akan mengekspresikan diri, mengembangkan diri serta mengaktualisasikannya dalam kebahasaan serta peningkatan kapasitas pemuda dalam ketrampilan dan kemampuan berbahasa.

Gubernur juga berharap agar para peserta yang terpilih sebagai Duta Bahasa Maluku Utara di ajang tingkat Nasional agar bisa menjaga sikap dan kreatif dalam meningkatkan kemampuan serta menjaga kearifan lokal Maluku Utara. “Bila nantinya terpilih menjadi Duta Bahasa Maluku Utara harus memiliki ciri khas sendiri, harus menjaga warna lokal dengan kearifan lokal yang kita miliki dan agar digali lagi segingga dapat memelihara dan mengembangkan karakter khusus Maluku Utara di tingkat Nasional sehinggah marwah daerah kita tetap terjaga”, ujarnya.

Pemilihan Duta bahasa Maluku Utara ini dilaksanakan sejak tanggal 1 Januari hingga 3 Maret 2020 yang diikuti oleh 40 peserta dengan beberapa katagori penilaian, diantaranya katagori penilaian dari segi Komunikasi Publik, Kemampuan Bahasa Asing dan Daerah, Kemampuan Bahasa Indonesia dan Penilaian Dinamika.

Kelompok yang di nilai langsung oleh Ikatan Duta Bahasa Indonesia. Dan bagi sepasang peserta yang meraih gelar pertama, selanjutnya di kirim untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional yang mewakili Provinsi Maluku Utara yang dilaksanakan nanti pada bulan agustus tahun 2020 di jakarta.

Koordinator Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Provinsi Maluku Utara Umiatun Sa’diah dalam laporannya mengakatan, kegiatan ini adalah kegiatan pembinaan yang sasarannya peserta usia 18 sampai dengan 25 tahun yang dilakukan dengan tahapan pengujian, yaitu tahapan seleksi berkas, tahapan Tes UKBI ( Uji Kemahiran Bahasa Indonesia), tahapan tes kemampuan bakat dan minat, dan tahapan tes presentasi makalah tentang program kerja bila menjadi Duta Bahasa Provinsi M.U.

Dikatakan juga, peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari berbagai universitas di Maluku Utara. Dan terpilih sebagai pemenang masing-masing dari kategori putera, terpilih sebagai pemenang I adalah Zulkifli M. Ahmad, dari Unkhair Ternate, pemenang ke II diraih oleh Muhammad Rizal (Alumni FKIP Matematika. Pemenang ke III di raih oleh Pemenang III Ma’ariz Sigit Abdul Rahman dari UMMU Ternate.

Sementara ketegori wanita pemenangnya masing-masing : Juara I Fatimah Abubakar, utusan dari STKIP Kie Raha Ternate. Juara ke II Arty Amalia Lesay dari Teknik Sipil, Unkhair Ternate dan Pemenang ke III diraih oleh Dinda Rahmawati utusan dari Fakultas Teknik Informatika.

Dan untuk pemenang Harapan I yaitu Erwin Tualeka (FKIP B. Indonesia, Unkhair) dan Aida Fitriyani Albanjar ( B. Inggris , UMI), Harapan II Irnady (Sastra Inggris, STKIP Kieraha) dan Djamila Nadjib(Teknik Sipil Unkhair).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button