Sebagai Wali Kolano, Nita Lantik Dua Perangkat Kesultanan Ternate

MALUTNEWS.COM – Nita Budi Susanti sebagai Wali Kolano Madoru Kesultanan Ternate, Sabtu, 22 Juli 2023 melakukan Pelantikan terhadap Dua Perangkat Adat.

Menurut Sangaji Mayor Ngofakiaha, Saleh bin Ali,  Pelantikan Dua Perangkat Adat tersebut dilakukan Nita Budi Susanti, karena Istri Sultan Ternate Almarhum Haji Mudhafar Syah itu masih sebagai wali Kolano atau wakil Sultan dari kolano Madoru.

Saleh mengatakan bahwa, sebagai Wali Kolano, Nita Melantik dua perangkat Adat yaitu Kapita Babullah Kalamata,  Sukiman Ali dan Sangaji Mayor Ngofakiaha, S. Saleh Bin Ali.

Saleh melanjutkan bahwa Pelantikan dilakukan di kadaton ICi Bula dan Dihadiri oleh pejabat Kesultanan Ternate,  diantarnya Fanyira Talangame, Kapita Hiri, Kimalaha Labuha, Sangaji Limatahu serta jajaran Kesultanan lainnya

Dalam sambutannya , Nita Budi Susanti yang juga Calon Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan  Tujuan pelantikan adalah memperkuat perangkat adat pendukung Kolano Madoru.

Nita juga berpesan kepada seluruh perangkat Adat Kesultanan Ternate, agar selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan sesuai dengan amanat Almarhun Sultan Mudhafat Syah.

Dia berpesan bahwa dalam tahun politik selalu saja ada pihak pihak yang ingin mengadu domba dan memfitnah satu sama lain. Karena itu mantap Anggota DPD RI dan anggota DPR RI dari Partai Demokrat ini menasehati untuk tidak terptovokasi.

Kepada Malutnews, Nita menceritakan bahwa kedatangan dirinya untuk yang kedua kali setelah Sulthan meninggal, untuk tetap dan terus melakukan konsolidasi dengam perangkat dan elemen adat sesuai dengan amanat Almarhun, kata Nita.

Selain itu dirinya juga akan mengajak kaum perempuan untuk saling bahu membahu berperan dalam membantu pemerintah dalam memajukan pembangunan di Maluku Utara (efa/emn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button